Jangan Pernah Jatuh Cinta, Jangan Mati —Kelanar.


Dari sub-judul dan sampul buku, menurut kalian Kelanar ini bercerita tentang apa?

Yaps.

Tentang cinta, namun bukan yang lovey-dovey atau menye-menye, cerita yang di tulis oleh Yandi Asd ini mengangkat tema Dark-Romance dengan genre surealism.

Tentang perjuangan cinta, pengorbanan, dan beberapa hal yang akan mengejutkan kalian seperti si Tujuh Dua, Sentanu, dan Tanpa Nama. Siapa mereka? Temukan jawabannya di Novel Kelanar. hehe.
Novel ini juga disajikan dengan tone yang berbeda, karena menggunakan PoV 1, PoV 2 dan PoV 3 sekaligus. Keren bukan?

Kesan saya saat membuka halaman pertama itu, ANJIR GILA BANGET! Iya, prolognya gila makin jauh baca, makin gila lagi. Bikin penasaran banget pengen gitu rasanya langsung terjun ke ending.

Tapi, tahan.

Setiap lembar yang saya baca, bikin saya lupa waktu. Terlalu terbawa arus penulis yang bikin saya pengen baca lagi dan lagi.

Di pertengahan cerita,  kalian akan menemukan organ tubuh yang bisa berbicara. Keren, 'kan? Mulai penasaran? Bisa ikut PO kedua ya, xixixi.

Overall, novel ini ciamik karena bahkan typonya saja bisa dihitung jari. Buat kalian yang mau baca tema Dark Romance, plus bumbu gore yang tidak terkesan menjijikkandengan genre surealis. Novel Kelanar yang artinya Ke luar Nalar ini saya rekomendasikan buat kalian semuaaaa.

Ingat, jangan pernah jatuh cinta. Karena cinta yang berlebihan bisa membunuh kalian secara perlahan.

26 komentar:

  1. Suka dengan kalimat Ingat, jangan pernah jatuh cinta. Karena cinta yang berlebihan bisa membunuh kalian secara perlahan,, Benet bngt y klo dipikirin jd kpingin baca

    BalasHapus
  2. Semua yang berlebih memang tidak akan pernah baik . Begitu pun dengan mencintai.

    BalasHapus
  3. Eh....jatuh cinta berjuta rasanya, konon....
    mungkin saya memang sudah lupa rasanya jatuh cinta.
    Benar kata suami saya, mungkin skrg yang tersisah adalah kenyamanan. Mungkinkan itu kasta tertinggi dari Jatuh Cinta? Entahlah...
    Saya masiha da 2 buku belum kebaca, jadi ini saved dulu kalau 2 buku tuntas.

    BalasHapus
  4. jatuh cinta ya.... tapi tidak menjijikan.. sepertinya buku ini wajib dibaca buat orang - orang seperti saya :D

    BalasHapus
  5. Enak kok rasanya jatuh cinta hahaha... Nano-nano rasanya lho. Kayak jinak2 merpati gitu kan ya. Apalagi kalau ingat zaman remaja dulu aiiih..serunya hihihi. Bisa jatuh cinta dan dicintai itu adalah anugerah luar biasa dan harus dipelihara dengan baik jika sudah memperolehnya.

    BalasHapus
  6. Uhukksss.
    Bukunya bisa bikin baper maksimal ini ya Kak.
    Ya ampun, super recommended bgt ini mahhh

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah dapat kosa kata baru nih "Dark Romance". Jarang banget saya baca novel yang surealis, tapi sekali-kali asyik juga kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, nih.
      Novel ini gaya bahasanya asik, terus bikin nagih hehe

      Hapus
  8. Boleh cinta tapi tetep kudu pake logika. Jangan beri hati kalau kau tau cintanya cuma mampir aja. Jd pengen bacani buku haha

    BalasHapus
  9. Wah bs hunting di tokbuk² terdekat gak nih Mbak... Soalnya sy suka baca nov apalagi kl kisah cinta antimainstream n novelisnya nulis emg pake ilmu nulis novel, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabisa bunda, novel ini self-publishing. Cetak kedua diadakan bulan januari mendatang. Pemesanan bisa lewat saya. Hehe

      Hapus
  10. Saya biasanya ga suka novel romance karena menyek-menyek. Tapi baca ulasan singkat, tajam dan padat ini jadi bikin saya penasaran, dark romance itu macam apa ya?

    BalasHapus
  11. Aih.. aku suka yang ada sueralism gitu. Di mana bisa didapatkan PO kedua buku ini? Kalau ada duit, aku mau nih.

    BalasHapus
  12. Bicara cinta emang g ada habisnya ya..
    Dan memang benar, mencintai itu secukupnya saja

    BalasHapus
  13. Aku masih bisa jatuh cinta ga ya? Mungkin kalau baca bukunya jadi keinget lagi, rasanya jatuh cinta...

    BalasHapus
  14. oooh ke luar nalah toh? kukira apaan

    POV ini point of view? sudut pandang?
    kalau iya, pokoknya mampu menuntun kita dah saat berganti sudut pandang

    ^,^

    BalasHapus
  15. Ya ampun bikin penasaran
    Kirain mau bongkar isinya :D

    BalasHapus
  16. Owh, Kelanar itu artinya Ke Luar Nalar, tho. Kukira nama tokoh dan itu perempuan gitu, hihihi ...

    Wah, sayangnya bocoran cerita nggak ikut disampaikan, ya. Pasti rasanya bakal kepo lagi buat ikutan baca kalau tahu ini ceritanya mengenai apa. Dari judul setiap babnya, memang surealis banget sih, ya.

    BalasHapus
  17. Penasaran dengan cerita Kelanar, eh kepanjangan nya ternyata keluar nalar ya. Mau baca sinopsis nya dulu lah

    BalasHapus
  18. Ternyata Kelana itu artinya keluar nalar oalah ... Jadi penasaran nih ... Mau baca sinopsisnya

    BalasHapus
  19. Teringat awal menikah
    Sedikit rasa cinta ku pada suami
    Hingga setelah beberapa tahun menikah baru aku bisa mencintai nya 100%
    ^^

    BalasHapus
  20. Kelanar artinya keluar nalar, ya mbak. Wahh lihat judulnya anti mainstream gitu, yak. Hehe jd penisirin.

    BalasHapus
  21. wahh.. baru tahu kelanar itu kepanjangan dari keluar nalar. Tapi aku selalu tertarik sih dengan cara menulis genre gore yang tidak terlalu menjijikkan itu sepreti apa.

    BalasHapus
  22. Jadi penasaran deh pengen baca juga. Suka dengen genre love2 tp gak menye2.
    Dari judulnya aja bikin menebak2, apa sih yg keluar nalar ini.. Akkkk

    BalasHapus
  23. Menarik nih kayaknya.. Jadi pengen baca juga haha.. Buat jaga2 biar gak berlebihan mencintai..

    BalasHapus
  24. Jarang-jarang nih aku nemu novel karya penulis lokal yang temanya dark romance. Gore-nya apa tidak berlebihan mbak? Saya suka serem sama novel yang ada gore nya

    BalasHapus