Seru! 5 Permainan Generasi 90'an Ini Sering Bikin Lupa Waktu.

     Perkembangan jaman dan teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin sibuk dengan gadget, berbeda dengan generasi 90'an yang lebih sering menghabiskan waktu bermain bersama tanpa adanya ponsel atau game online.

Apa saja sih permainan generasi 90'an yang bikin lupa waktu tapi tetap solid, yuk disimak.

1. Petak Umpet
Permainan generasi 90'an yang dulu sangat hits adalah petak umpet, permainan ini akan lebih seru jika dimaikan beramai-ramai. Karena semakin banyak yang ikut, akan semakin seru. Cara bermainnya cukup mudah, semua pemain akan melakukan 'hom-pim-pah' untuk mencari satu orang penjaga. Setelah mendapat satu orang untuk jaga dan berhitung dengan mata ditutup, pemain yang lainnya harus sembunyi di tempat yang sulit ditemukan. Awas ketahuan nanti kamu yang jaga, lho. Kalau saya, sih, biasanya sembunyi di rumah sambil minum kadang ketiduran karena lelah bermain, hehe.
Kalian ada yang pernah main petak umpet?


2. Donal Bebek
"Donal bebek, maju satu langkah mundur tiga langkah, satu, dua, tiga...." Begitulah nyayian khas untuk mengiringi permainan yang minimal diikuti oleh 3 orang. Setelah lagu berhenti para pemain akan melakukan 'hom-pim-pah', untuk mencari satu telapak tangan yang berbeda demi bisa maju dan menginjak kaki pemain lainnya, saat-saat mendebarkan karena bisa saja si penginjak akan berbuat licik dan mengecoh kita, hati-hati dengan permainan dari generasi 90'an ini, ya. Hehee.

3. Engklek
Permainan yang dilakukan dengan menggambar bentuk kubus menggunakan kapur atau bata merah di atas tanah, permainan yang terkesan sederhana ini justru bisa melatih keseimbangan tubuh, lho. Karena kalian harus melompat dan berpindah dari kubus satu ke kubus lainnya menggunakan satu kaki, kalau hilang keseimbangan bukan hanya kalah dan jatuh, kita juga akan di tertawakan oleh pemain lainnya. Kalian generasi 90'an bisa main engklek gak nih, atau sering dapat ledekan?

4. Lompat Tali
Dulu, permainan lompat tali sangat hits pada generasi 90'an, berbekal membeli karet gelang lima ribu rupiah, lalu menyambungkannya satu persatu membuat permainan ini makin berkesan, permainan ini juga memiliki arti tersendiri, biasanya permainan ini dimulai dari sangat dasar atau disebut 'ular mati', tali karet akan dibiarkan sampai semua pemain melompat, beranjak ke ular hidup yang berarti menggesek tali karet ke kanan dan ke kiri seperti ular sedang berjalan. Semakin naik sampai akhirnya titik paling tinggi, yaitu merdeka. Filosofinya adalah, perlahan tapi pasti (dari ular mati), meski ada hambatan semua bisa kita lalui (ular hidup), semua masalah akan berakhir dengan bahagia (merdeka).

5. Bekel
Permainan generasi 90'an terakhir adalah bekel, berbekal satu bola dan enam sampai dua belas buah bekel kita harus bisa mengumpulkan satu demi satu bekel sebelum bola memantul dua kali. Mulai dari mengambil satu per satu, dua per dua dan seterusnya sampai habis. Bayangin bagaimana ambil dua belas bua bekel sambil menangkap bola bekel yang besarnya sekitar setengah kepalan tangan orang dewasa. Belum lagi jika sudah masuk ke tingkat atas, 'pit, rok, dll',kita haus membalik bekel satu per satu baru lah kita ambil lagi satu persatu, lalu dua per dua, dan seterusnya.

Nah, itu dia lima permainan its dari generasi 90'an. Kalian geneasi gadget, gak mau coba main, nih? Lebih seru dari game online, bahkan bisa sekalian silahturahmi. Yang dari generasi 90'an, gamau main permainan ini lagi? Sambil nostalgia gitu. hehe.

17 komentar:

  1. Semuanya pernah aku coba, kecuali yang nomor 5, soalnya gak bisa.😂

    Nomor 3, di sini sering manggilnya cak ling king

    BalasHapus
  2. Jangan Donald bebek itu mba Viann, kalo di medan namanya "coca Cola"
    Haha, jadi sebut merek ya..

    Tapi Begitulah...
    nyanyi nya "coca Cola mundur 3 langkah..."

    Tapi zaman now ga, ada lagi yang mainin.
    Saya main petak umpet sama anak saya.. Biar mereka beraktivitas.

    Kalo orang medan menyebutnya alip berondok.

    BalasHapus
  3. Pernah semua dulu mainnya dan sebagian sekarang sudah kuperkenalkan permainan tradisional ini ke anak-anakku. Soalnya main begini banyak manfaatnya dibandingkan main gawai terus

    BalasHapus
  4. Yang paling berkesan main petak umpet, sampai ngumpetnya jauh banget jadi susah dicari wkwkw

    BalasHapus
  5. Engklek dan lompat tali is the best, hahaha
    Tapi, engklek ini banyak macam tiap daerah bisa beda aturannya.

    BalasHapus
  6. Saya gak tahu permainan Donal Bebek. Dimainkan tahun 90an ya? Tahun 90 saya SMA ... Mugkin karena itu saya tidak tahu :)

    BalasHapus
  7. Waw nostalgia nih.. Saya ada permaiman favorit, kayaknya belum nemu di kota lain. Namanya i' o' (susah nulisnya.. Hahaha) kumpulkan pucuk2 daun, ikat dengan karet. Kemudian cara mainnya, daun yg diikat tadi, kita jugling dengan kaki (mirip jugling bola), jangan sampai jatuh ke tanah. Jika jatuh ganti giliran ke pemain lain. Skor nya dihitung dari banyaknya jugling yg bisa dilakuka . Yang mengumpulkan skor paling banyak yang menang.

    BalasHapus
  8. Anak jaman sekarang jarang yang ngerti permainan-permainan itu. Tapi aku tetap perkenalkan permainan tersebut pada anakku, ternyata dia excited juga

    BalasHapus
  9. Permainan Donal Bebek saya yg tidak tahu. Kalau yg lainnya, sy lumayan jago di zamannya.
    Duh, jadi kangen masa kecil.

    BalasHapus
  10. Semuanya pernah dimainin 😍 cuma main tali aja aku yg Cemen banget.. soalnya badan ku pendek 😂

    BalasHapus
  11. Kecuali Donald Bebek , semua permainan saya suka
    Apalagi lompat tinggi pake karet gelang
    Udah raib ya semua permainan itu?

    BalasHapus
  12. main kuaci sama main gundu kelupaan sepertinya ya mas? itu paling paporitos

    BalasHapus
  13. Bener nih, permainan tradisional seperti itu jauh lebih seru daripada main gadget. Baca ini jadi kangen masa kanak-kanak. Jadi ingat juga dulu suka banget main petak umpet

    BalasHapus
  14. Saya sudah tahu semua 5 permainan itu seru banget terutama yang nomor 5 karena dibawa ke sekolah waktu istirahat main bersama teman-teman.

    BalasHapus
  15. Ya ampun, aku senyum-senyum sendiri baca artikelnya, inget jaman dulu main petak umpet, congklak, engklek sm main lompat tali 😂 jd nostalgia

    BalasHapus
  16. Yang bikin saya lupa waktu saat memainkannya adalah Bekel
    Apalagi kalau menang terus. Huhuhu... Bisa seharian hahaha

    BalasHapus
  17. Petak Umpet nih paling sering bikin lupa waktu. Udah gitu sembunyinya sampai masuk ruang tamu tetangga pula wkwkkw..untung dikenal, jadi boleh boleh aja.

    Kalau bekel, biasanya main di sekolah pas jam istirahat. Jadi yaa..gak bikin lupa waktu. Soalnya kan kalau udah jam belajar lagi, yaa berhenti mainnya.

    BalasHapus